BINCANG-BINCANG BARENG OM DARWIS TRIADI “PEMAHAMAN FOTOGRAFI DI ERA DIGITAL”

BINCANG-BINCANG BARENG OM DARWIS TRIADI “PEMAHAMAN FOTOGRAFI DI ERA DIGITAL”

Karawang, (19/7), baru-baru ini eL STUDIO photography, telah mewujudkan sebuah acara Bincang-Bincang Bareng Om Darwis Triadi bertajuk “Pemahaman Fotografi Di Era Digital”, bersama 100 orang fotografer, dan hanya dari karawang. Daerah-daerah lain turut hadir. Subang, Bekasi, Purwakarta, Indramayu, Brebes, hingga Tangerang, dan Jakarta. Event ini sebuah persembahan eL STUDIO photography untuk kabupaten Karawang, yang didukung oleh WNJ Kebaya, dan Irfan Collection, untuk empat tema busana yang digunakan oleh keempat model photoshoot yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Begitu juga keterlibatan empat Make-up Artist, seperti Riri PSR, RumahCantiqSha, Nisa Wedding, dan Avev Wedding. Kesemua partisipan tersebut, berasal dan eksisting di kabupaten Karawang selama ini. Sambutan, dan dukungan juga datang dari Rumah Ungu, VoxStay Hotel, dan SwissBell In Hotel Karawang.

Bertempat di hotel Akshaya, siang itu, Om Darwis Triadi, dan kita semuanya, kedatangan figur penting lainnya, Teh Cellica yang juga pecinta fotografi. Host acara, Teh Nunung (Mojang Karawang), dan Opick Beatbox sigap menyilahkan beberpa tamu istimewa untutk sesegera menempati bangku-bangku di depan para peserta. Opick Beatbox khususunya, memberi kado surprise irama beatboxnya, berjudul “Happy B Day to You”. Berkebetulan Cellica Nurrachadiana, genap berusia 40 tahun, sehari sebelum event ini berlangsung.

Berdiri memesona berkebaya kuning, Teh Celli memberikan pesan dalam sambutannya. Ia mencontohkan, sisi keluarga besarnya, yang amat mencintai fotografi, dan momen penting. “Tanpa fotografi, kita tak dapat mengabadikan momentum dalam kehidupan”, terang Bupati Karawang ini. Iapun mengajak komunitas fotografer yang hadir untuk menggali dan meningkatkan kemampuan berfotografi, selagi nara sumber utama living legend kita Om Darwis Triadi berkesempatan memberikan banyak ilmunya di event eL STUDIO photography pada pertemuan langka di kabupaten Karawang ini.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Karawang yang akrab disapa Pak Acep Jamhuri, lumayan lengkap sampaikan sejarah kabupaten Karawang dalam pidato sambutannya. Peserta nampak menyimak, dan memerhatikan. Tak lupa, Iapun berharap rekan-rekan peserta fotografer, agar dapat memahami, dan meningkatkan skill fotografi dalam coaching clinic yang disampaikan oleh Om Darwis. Terlihat pula kehadiran Kadinkes Karawang, dr. Nanik Djojana, yang memastikan kelancaran penyelenggaraan event, dari prespektif kesehatan di tengah adaptasi kebiasaan baru di Karawang, untuk penggunaan masker, dan acara dapat dilaksanakan di ruang out door., dengan nuansa di pinggir kolam renang nan hijau.

Teh Cellica, dan Pak Sekda didaulat sebagai foto model Om Darwis. Berekspresi, dan tampil luwes. Sebuah kehormatan dalam bidikan kamera, seorang maestro. Wajah sumringah terpancar dari kedua orang penting di jajaran pemerintahan daerah kabupaten Karawang, dan hasilnya, tak dapat disangkal lagi. Renyah dan menawan.

Lighting dan Praktis Pemotretan
Di tengah dialog panjang, Eka Pangulimara H, selaku fasilitator diskusi, menampung beberapa pertanyaan para fotografer. Seperti penggunaan lighting yang pas saat motret seseorang, memotret di ruang terbuka, continous light, fill in lighting di antara cahaya matahari, dan banyak lagi. Peserta yang bertanya aktif, mendapatkan surprise langsung sebuah buku berjudul “Melihat Dengan Mata Hati” (Hidup, Anugrah & Fotografi), karya Darwis Triadi. Sebelum menjawab berbagai pertanyaan, Om Darwis langsung memberikan beberapa buku tersebut, pada peserta aktif dalam sesi diskusi tersebut.

Tiba giliran fashion show yang mengetengahkan sejumlah model. Di antaranya, Andi Tentri Syafira yang menggunakan kebaya Sekar Jagad (Ice Blue), dibalut kecantikan Make-up Artist dari Riri PSR, Dwi Indah Sariin bermake-up rupawan dari RumahcantiqSha, dengan Dress Duyung (Silver Champagne) dari WNJ Kebaya, menyedot para pemburu foto untuk tidak menyianyiakan keanggunan para model. Begitu pula Kartika Puspita Ayu dari tangan dingin Avev Wedding membesut kecantikannya. Dan akhirnya, Widya mendapat polesan Make-up Nisa Wedding, menambah deretan model cantik melenggok, membawakan karya design batik Karawang ala Irfan Collection, dan tak luput dari semua bidikan lensa fotografer yang hadir.

Menuju penghujung acara, keempat model memosisikan diri di beberapa titik public area yang ditentukan. Tak ketinggalan, sang maestro, turut mengarahkan kamera kesayangannya. Tak ada yang tersisa. Bergabung bersama para fotografer peserta acara, Om Darwis, cukup hangat berinteraksi, dan kesemua karya foto di Minggu siang itu, dipublish di laman media sosial, dan menghiasi keceriaan, antusiasme seluruh fotografer, dan menunjukkan sejenak pengalaman teroritik ke dalam praktek.

Tak ada yang lebih berbahagia di hari itu, sejumlah fotografer berkumpul, berfoto bersama, rasa haru dan bangga, dapat melewati lompatan peristiwa, di antara krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan kreatifitas produktif dari sebuah ekosistem fotografi yang terbangunkan kembali. Paska pandemi global. Yang hampir menggerus mentalitas eksistensi kita sebagai manusia. Dan mahluk sosial berbudaya. Seperti pengakuan singkat Om Darwis, di depan awak media yang hadir, “ini pengalaman pertama saya, di Karawang, tatap muka langsung, kembali berdiskusi, mengajar fotografi. Sejak saya harus melakukan itu semua secara virtual”, jelasnya.

Darwis Triadi dan jejak fotografinya di hampir empat puluh tahun berkarya di dunia fotografi, tentu saja, amat berpotensi melahirkan, darwis-darwis lainnya. Di banyak tempat, dan nilai-nilai fotografi di dalam kehidupan, akan menjadi fondasi kekuatan berfotografi di Indonesia, berkemanusiaan, dan penuh filosofi. Seiring ujar-ujarnya diberbagai kesempatan Darwis Triadi berbicara, “bahwa fotografi memerlukan cahaya. Dan cahaya adalah kehidupan. Fotografi itu adalah kehidupan. Maka fotografi seyogyanya, turut menolong kehidupan” (0). /Red.eL

Tell us about your thoughtsWrite message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top
Close Zoom
Maaf anda di larang mengambil gambar di dalam website Elstudio Photography
WhatsApp us whatsapp